Catatan HUT STAI BU Tambakberas Jombang Merajut Kebersamaan Meraih Cita dan Merevitalisasi Potensi untuk Mewujudakan Insan yang Kreatif dan Inovatif

Mahasiswa sebagai figur perubahan control social diharapkan akan memberikan kontribusi yang riil implementtatif pada kehidupan praksis yang perlu direalisasikan secara optimal dan maksimal,sehingga logika kreatif inovatif, kritis konstruktif  dan edukatif  tidak stagnan. Akan tetapi realitas obyektif,kiprah nilai-nilai kemahasiswaan belum banyak dirasakan menyentuh masyarakat luas. Maka dari ituperlu adanya suatu analisis kritis dan mencari solusi alternative dengan format-format dan nuansa baru untuk melahirkan mahasiswa yang berkepribadian sebagai insan akademis dan insan sosialis dinamis.
Berangkat dari tesis itulah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam Bahrul Ulum  Tambakberas Jombang,memandang perlu adanya sebuah media untuk mengaktualisasikan dan mentransformasikan nilai-nilai akademisi yang selama ini kita emban dan kita ciptakan.
Sebagai wadah, dalam hal ini BEM STAI BU Tambakberas Jombang menggelar serentetan lomba yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT STAI BU Tambakberas Jombang KE 27 mulai tanggal 17-20 Januari 2010 yang di gawangi oleh Sahabat Andi sebagai ketua panitia. Andi menuturkan bahwa “ HUT STAI BU adalah agenda terbesar kedua setelah MUBES dan PEMILU RAYA, maka dari itu HUT STAI BU di selenggarakan dengan maksud menggali potensi masayarakat lebih Khususnya Adik-adik setingkat Madrasah Aliah” . HUT STAI BU di mulai senin, 17 januari 2010 yang secara resmi di buka oleh Ketua Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum Ibu Hj. Chisbiyah Rohim MM. Kemudian diteruskan dengan serentetan pelombaan. Adapun jenis lomba antara lain :
1.     Lomba pidato bahasa Arab dan bahasa Ingris ( MA sederajat Se-Jombang)
2.     Lomba MTQ ( MA Sederajat Se- Jombang )
3.     Lomba Bola Voli Putri ( MA Sederajat Se-Jombang )
4.     Lomba Kaligrafi ( MA Sederajat Se- Jombang )
5.     Lomba Cerpen Kilat ( MA Sederajat Se-Jombang)
6.     Lomba Sepak Takrow ( MA Sederajat Se-Jombang )
7.     Lomba Al Banjari ( Umum Se-Jombang )
Lomba Pidato bahasa Arab diselenggarakan pada tanggal 17 januari 2010. Dalam lomba ini di hadiri 14 peserta delegasi dari berbagai MA sederajat Se-Jombang, Lomba pidato bahasa Arab ini di menangkan Atiqotul Maula utusan dari MA Wahab Chasbullah Tambakberas Jombang sebagai juara pertama dan Anita FauziyahUtusan Dari MAI BU sebagai Juara ke dua.
Lomba bahasa Inggris di selenggarakan pada tanggal 17 januari 2010. Dalam lomba ini di hadiri 16 peserta, lomba ini dimenangkan  Ach. Fathul Aziz utusan dari MA Darul Ulum Rejoso Jombang sebagai Juara pertama dan juara kedua di raih  Naila Murodah utusan dari MA Darul Ulum Rejoso Jombang.
MTQ di selenggarakan tanggal 17 januari 2010 yang di hadiri 19 peserta, lomba ini di raih M. syauqil Mubarok utusan dari MA Darul Ulum Rejoso Jombang sebgai juara pertama dan Fitrotin Nahdliyah utusan Latifiyah I sebgai juara ke dua.
Lomba penulisan cerpen kilat, Kaligrafi, bola Voli Putri di laksanakan hari selasa, 18 januari 2010. Dalam jenis lomba penulisan cerpen kilat dihadiri 16 peserta dan di menangkan umi fardah utusan dari MAN Tambakberas Jombang sebagai juara pertama dengan judul cerpen “ Saranghae yo’, ya Rasulullah”, dan juara kedua di raih Risyalah Dewandini utusan dari Latifiyah I dengan judul Cerpen “ Sujud Kiai Pada Santri ”.
Jenis lomba Kaligrafi dihadiri oleh 17 peserta, di menangkan oleh Zainul Mujib utusan dari SAKAL Denayar jombang sebagai juara pertama, dan juara kedua diraih Nofal utusan dari SAKAL Denayar Jombang. Dan lomba Bola Voli Putri dimenagkan oleh Tim bola voli Putri SMAN Plandaan jombang sebagai juara pertama dan Tim bola Voli Putri MAN Tambakberas Jombang sebagai Juara kedua.
Jenis Lomba sepak takraw dan Al Banjari dilaksanakan Rabu, 19 januari 2010. Jenis Lomba sepak takraw di menagkan oleh Tim Sepak Takraw MMA BU ( A ) Tambakberas Jombang sebagai juara pertama dan juara kedua diraih tim Sepak Takraw MMA BU ( B ) Tambakberas Jombang.
Festival Sholawat Al Banjari Se JATIM dihadiri oleh 25 Group Al Banjari yang dating dari berbagai kota di Jawa Timur. Dalam festival Banjari ini dimenangkan Group Banjari Fa’fu ‘Anna dari sidoarjo sebagai juara pertama, group Al Abrawi dari Tebuireng Jombang sebagai juara kedua, group IQMA IAIN Sunan Ampel dari Surabaya sebagai juara ketiga, group As-syauqiyah dari Kauman Jombang sebgai harapan satu, group Afqorul waro dari Tambakberas Jombang sebagai harapan dua.
Kemudian dimeriahkan dengan acara penutupan “ GEBYAR SENI dan PENAMPILAN PARA JUARA”. Penutupan ini dilasanakan pada hari kamis 20 januari 2010.
Atas kerja Keras segenap panitia dan partisipasi dari masyarakat Jombang Andi ( Ketua Panitia ) mengaku cukup bangga atas suksesnya acara HUT STAI BU Tambakberas Jombang KE 27.  Terlebih Pembantu Ketua II STAI BU Bapak KH. Anshori Shehah, M.PdI menyambut positif acara tersebut. Dalam sambutannya pada malam GEBYAR SENI beliau menuturkan “ hal-hal seperti inilah yang perlu kita kerjakan saat ini, menggali potensi-potensi kader-kader muda islam untuk tetap menjaga budaya islam, sepetri halnya MTQ yang merupakan Seni baca kitab suci yang menjadi panutan kita, Kaligrafi yang merupakan seni lukis huruf-huruf islami, penulisan cerpen, pidato bahsa arab dan inggris, serta banjari ”. beliau juga berharap bahwa kader-kader muda islam mampu menjadi api yang selalu mengobarkan siar islam dengan kemampuan yang di miliki, menjadi Qori’ yang slalu mengumandangkan kejayaan Al Quran, Menjadi sastrawan serta penulis yang mampu mengimbangi perkembangan jaman dll. Semoga
Penulis : Mangun Kuncoro, Mahasiswa semester V prodi PAI STAI BU, Pimred KAPAS Media, Penggiat Komunitas Pena KOMA Bahrul Ulum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lesehan Sastra #1 Komunitas Pena ( KOMA ) Bahrul Ulum ( Jombang, 15 April 2010 )

Novel 'Sepasang Sayap di Punggungmu'